cover
Contact Name
Keni
Contact Email
keni@fe.untar.ac.id
Phone
+6281807302521
Journal Mail Official
jmkfeuntar@untar.ac.id
Editorial Address
Universitas Tarumanagara Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Kampus 2 Universitas Tarumanagara Jln. Tanjung Duren Utara No. 1, Grogol, Jakarta Barat, DKI Jakarta, Indonesia, 11470
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan
ISSN : -     EISSN : 26570025     DOI : 10.24912/jmk
Core Subject : Economy, Social,
Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan e-ISSN 2657-0025 is a collection of articles created by students of Management Study Program, Faculty of Economics and Business, Universitas Tarumanagara, as a requirement to achieve Bachelor of Economics degree. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan is published every year on January, April, June, and October by Management Study Program of Faculty of Economics and Business Universitas Tarumanagara. The articles provides researches’ findings on various topics in Management, especially Human Resource Management, Entrepreneurship, Marketing Management, and Financial Management. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan contains article with topics as follows: Marketing Management Financial Management Human Resource Management Entrepreneurship Other relevant topics about Management and Entrepreneurship
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2019): Januari 2019" : 12 Documents clear
Pengaruh Brand Packaging Terhadap Brand Preference Dengan Kualitas Makanan Sebagai Variable Mediator Pada Produk Yoghurt Heavenly Blush Di Mal Kelapa Gading Stella Febriani; Miharni Tjokrosaputro
Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan Vol 1, No 1 (2019): Januari 2019
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jmk.v1i1.2789

Abstract

This study is concluded to investigate and determine the effect of Brand Packaging to Brand Preference with Food Quality as the Mediating Variable of Heavenly Blush’s yoghurt in Kelapa Gading Mall. The method used in this research is non probability samples. The questionnaire was distributed to 107 respodent who bought Heavenly Blush yoghurt at Kelapa Gading Mall in North Jakarta. All the data was collected and tested using the SmartPLS 3 application. The result indicates that the Brand Packaging wasn’t significantly affect Brand Preference, Brand Packaging is a positive and significant predictor to Food Quality and Food Quality is the positive and significant predicted Brand Preference.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menentukan pengaruh Brand Packaging terhadap Brand Preference dengan Kualitas Makanan sebagai Variabel Mediasi dari yogurt Heavenly Blush di Kelapa Gading Mall. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel non probabilitas. Kuesioner dibagikan kepada 107 responden yang membeli yoghurt Heavenly Blush di Mal Kelapa Gading, Jakarta Utara. Semua data dikumpulkan dan diuji menggunakan aplikasi SmartPLS 3. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Brand Packaging tidak mempengaruhi Brand Preference secara signifikan. Brand Packaging merupakan prediktor positif dan signifikan terhadap Kualitas Makanan dan Kualitas Makanan adalah Brand Preference yang diprediksi positif dan signifikan.
Pengaruh Kecerdasan Emosional, Penghargaan Dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kepuasan Kerja Pada Pt Catur Mitra Sejati Sentosa (Mitra 10) Vania Lystia Putri; Hannes Widjaja
Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan Vol 1, No 1 (2019): Januari 2019
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jmk.v1i1.2794

Abstract

The purpose of this study is to to find out the effect of emotional intelligence, reward and transformational leadership on job satisfaction on PT Catur Mitra Sejati Sentosa (Mitra 10). The hypotheses are tested towards 78 employees from PT Catur Mitra Sejati Sentosa (Mitra 10) head office which was selected by using purposive sampling technique based on the status of respondents who specified. Data analysis technique using Structural Equation Modelling Partial Least Square (SEM PLS) method. The result of this study shows that emotional intelligence, reward and transformational leadership have a positive and significant effect on job satisfaction.
Pengaruh Likuiditas, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Jasa Sektor Perdagangan, Jasa & Investasi Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia Maria Cynthia Novyanny; Joyce Angelique Turangan
Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan Vol 1, No 1 (2019): Januari 2019
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jmk.v1i1.2790

Abstract

The purpose of this study is to examine the effect of liquidity (CR), firm size (SIZE), firm age (AGE), and firm growth (GROWTH) on profitability of service companies listed on Indonesia Stock Exchange for the period 2012017 Sample was selected using purposive sampling method amounted to 68 companies. Data processing techniques using multiple regression analysis by EViews. The results of the study concluded that the variable liquidity, firm size and firm age have no effect on the profitability but firm growth has a positive and significant effect on the profitability.Tujuan dari penelitian ini adalah menguji likuiditas (CR), ukuran perusahaan (SIZE), umur perusahaan (AGE), dan pertumbuhan perusahaan (GROWTH) memiliki pengaruh terhadap profitabilitas perusahaan jasa yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia untuk periode 2013-3017. Sampel diseleksi dengan menggunakan metode purposive sampling terkumpul 68 perusahaan. Teknik proses data menggunakan analisis regresi berganda dengan menggunakan program EViews. Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa variabel likuiditas, ukuran perusahaan dan umur perusahaan tidak memiliki pengaruh terhadap profitabilitas perusahaan, tetapi pertumbuhan perusahaan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap profitabilitas perusahaan.
Pengaruh Penerapan Corporate Governance, Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Christyan Kurniawan; Andi Wijaya
Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan Vol 1, No 1 (2019): Januari 2019
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jmk.v1i1.2795

Abstract

The purpose of this research is to examine whether or not there is any influence of corporate governance, corporate social responsibility disclosure, and profitability on firm’s value. In this research, managerial ownership is used to portray corporate governance. ROA is used to portray profitability meanwhile PBV is used to portray firm’s value. The population of this research is all firms listed in Jakarta Stock Exchange LQ45 index in 2012-2016. Purposive sampling method is used in this research. This research uses fixed effect method using eviews ver. 9. This research concludes these following results: 1. Managerial ownership doesn’t have any influence on firm’s value 2. Corporate social responsibility disclosure has an influence on firm’s value, 3. Profitability has an influence on firm’s value. This researches’ main limitation is that it only took LQ45 in 2012-2016 as a sample. The implication of this research is to help companies’ decision makers in increasing the corporate governance, corporate social responsibility disclosure, and profitability.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ada tidaknya pengaruh dari penerapan corporate governance, pengungkapan corporate social responsibility, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Dalam penelitian ini kepemilikan manajerial digunakan sebagai proksi dari penerapan corporate governance. ROA digunakan sebagai proksi dari profitabilitas sedangkan PBV digunakan sebagai proksi dari nilai perusahaan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan yang terdaftar di indeks LQ45 dalam Bursa Efek Indonesia pada tahun 2012-2016. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode fixed effect dalam pengolahan datanya dengan bantuan program eviews 9. Hasil dari penelitian ini mengindikasikan hal sebagai berikut: 1. Kepemilikan manajerial tidak berpengaruh pada nilai perusahaan, 2. Pengungkapan corporate social responsibility berpengaruh pada nilai perusahaan, 3. Profitabilitas berpengaruh pada nilai perusahaan. Limitasi utama dari penelitian ini adalah jumlah sampel yang terbatas hanya pada LQ45 dalam periode 5 tahun. Dengan penelitian ini, diharapkan pengambil keputusan perusahaan dapat meningkatkan kualitas penerapan corporate governance, pengungkapan corporate social responsibility, dan profitabilitas untuk meningkatkan nilai perusahaan.
Pengaruh Citra Destinasi Dan Perceived Value Terhadap Loyalitas Wisatawan Melalui Kepuasan Wisatawan Andreas Andreas; Hetty Karunia Tunjungsari
Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan Vol 1, No 1 (2019): Januari 2019
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jmk.v1i1.2791

Abstract

This study aims to determine how a positive influence from destination image and perceived value on tourist loyalty through tourist satisfaction as a mediation variable. The research method used in this research is by questionnaire method. The number of respondents taken for research is 100 people. The analytical method used is the t-test, determination coefficient, purposive sampling, multiple regression analysis and mediation analysis. From the result of research show that destination image and perceived value have positive effect to tourist satisfaction. Tourist satisfaction, destination image and perceived value have positive effect to tourist loyalty. There is positive effect from destination image and perceived value on tourist loyalty through tourist satisfaction as a mediation variable.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh positif dari citra destinasi dan perceived value terhadap loyalitas wisatawan melalui kepuasan wisatawan sebagai variabel mediasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan penyebaran kuesioner. Jumlah responden yang didapat adalah 100 responden. Metode analisis yang digunakan adalah uji t, koefisien determinasi, purposive sampling, analisis regresi berganda dan analisis mediasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra destinasi dan perceived value memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan wisatawan. Kepuasan wisatawan, citra destinasi dan perceived value memiliki pengaruh positif terhadap loyalitas wisatawan. Terdapat pengaruh positif dari citra destinasi dan perceived value terhadap loyalitas wisatawan melalui kepuasan wisatawan sebagai mediasi.
Pengaruh Web Series Merek Soyjoy Terhadap Sikap Kepada Merek (Studi Eksperimen Pada Mahasiswa FE Universitas Tarumanagara) Benedictus Erwin Prasetya; Cokki Cokki
Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan Vol 1, No 1 (2019): Januari 2019
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jmk.v1i1.2796

Abstract

This study examines the effect of attitude toward the actor on attitude toward the brand through attitudes toward the product placement and attitude toward the film. The design of this research is experiment. The sampling technique using convenience sampling. Participants are 30 students of Faculty of Economics of Tarumanagara University in Jakarta. The treatment is web series by Soyjoy "Ini Perjalananku The Series". Techniques of data collection using questionnaire, the analysis used PLS SEM, as well as tools used Smart PLS v3 and SPSS 2.1. The result of this study are attitudes toward the actor have no effect either directly or indirectly (passing attitude toward product placement). Attitudes toward the actor will indirectly affect attitudes toward the brand if through attitude toward the film and attitude toward the product placement. The results of this study also indicate threre is differences in attitudes toward brand before and after watching product placements on the web series.Penelitian ini meneliti pengaruh variabel sikap kepada aktor terhadap sikap kepada merek melalui sikap kepada penempatan produk dan sikap kepada film. Penelitian ini didasarkan pada 30 tanggapan responden yang dikumpulkan melalui kuesioner. Desain penelitian ini adalah eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling. Partisipan adalah 30 mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara di Jakarta. Perlakuan yang digunakan adalah iklan web series Soyjoy “Ini Perjalananku The Series”. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner, analisis yang digunakan adalah PLS SEM, serta alat yang digunakan Smart PLS v3 dan SPSS 2.1. Sikap kepada aktor tidak berpengaruh baik secara langsung maupun secara tidak langsung (melewati sikap kepada penempatan produk). Sikap kepada aktor akan berpengaruh secara tidak langsung kepada sikap kepada merek apabila melalui sikap kepada film dan sikap kepada penempatan produk. Hasil penelitian ini juga menunjukkan adanya perbedaan sikap kepada merek sebelum dan sesudah menonton penempatan produk pada web series.
Perbandingan Motivasi Kerja, Sosial Dan Ekonomi Antara Wirausaha Pria Dan Wanita Di Jakarta Felga Lopentus; Frangky Slamet
Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan Vol 1, No 1 (2019): Januari 2019
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jmk.v1i1.2792

Abstract

The purpose of this research is to examine the comparation of work, social and economic motivation between male and female entrepreneur in Jakarta. Sample was selected using nonprobabiliy sampling method amounted to 100 respondents in Jakarta. Data processing techniques using IBM SPSS 23 program. The result of this study shows that there is no significant difference between male and female entrepreneurs on work motivation in Jakarta and there is a significant difference between male and female entrepreneurs on social and economic motivation in Jakarta.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji perbandingan motivasi kerja, sosial dan ekonomi antara wirausaha pria dan wanita di Jakarta. Sampel dipilih dengan metode nonprobabiliy sampling sebesar 100 responden di Jakarta. Teknik pengolahan data menggunakan program IBM SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada motivasi kerja tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara wirausaha pria dan wanita di Jakarta dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada wirausaha pria dan wanita di Jakarta pada motivasi sosial dan ekonomi.
Pengaruh Sikap, Norma Subyektif, Kontrol Perilaku Yang Dirasakan, Dan Orientasi Peran Gender Terhadap Intensi Berwirausaha Di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara Sammy Agusta Santoso; Sarwo Edy Handoyo
Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan Vol 1, No 1 (2019): Januari 2019
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jmk.v1i1.2797

Abstract

The purpose of this research is to know and analyze the influence of attitude variable, subjective norm, perceived behavior control, and gender role orientation to entrepreneurship intention to student of Economic Faculty Tarumanagara University. The population of this research is the students of the Faculty of Economics Tarumanagara University who ever or are taking entrepreneurship courses. Sampling method was done by questionnaire method by distributing questionnaires to 100 students of Faculty of Economics Tarumanagara University. The analysis technique used is classical assumption test, multiple regression analysis, coefficient of determination test, F test and t test. The result of partial hypothesis testing shows that attitude, subjective norm, perceived behavior control, and gender role orientation have positive influence to entrepreneur interest of Faculty of Economics student of Tarumanagara University.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari variabel sikap, norma subyektif, kontrol perilaku yang dirasakan, dan orientasi peran gender terhadap intensi berwirausaha pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara yang pernah atau sedang mengambil mata kuliah kewirausahaan. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan metode kuesioner dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara. Teknik analisis yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi ganda, uji koefisien determinasi, Uji F dan Uji t . Hasil pengujian hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa sikap, norma subyektif, kontrol perilaku yang dirasakan, dan orientasi peran gender mempunyai pengaruh positif terhadap minat berwirausaha mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara.
Brand Image Dan Self-Expressive Untuk Memprediksi Word Of Mouth: Brand Love Sebagai Mediasi Silvia Agustina; Keni Keni
Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan Vol 1, No 1 (2019): Januari 2019
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jmk.v1i1.2793

Abstract

The purpose of this research is to examine whether 1) brand image can predict brand love 2) self-expressive can predict brand love 3) brand love can predict word of mouth 4) brand love mediates the effect on brand image on word of mouth 5) brand love mediates the effect on self-expressive on word of mouth. Sample was selected using convenience sampling method amounted to 159 respondents at Jakarta dan Tangerang. Data processing techniques using structural equation modeling what using by SmartPLS.3.2.7 program. The result of this study shows that brand image and self-expressive have significant effect to predict brand love, brand love mediates the effect on brand image and self-expressive on word of mouth.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah 1) citra merek dapat memprediksi word of mouth 2) ekspresi diri dapat memprediksi word of mouth 3) kecintaan merek dapat memprediksi word of mouth 4) kecintaan merek dapat memediasi prediksi citra merek terhadap word of mouth 5) kecintaan merek dapat memediasi prediksi ekspresi diri terhadap word of mouth. Sampel dipilih dengan metode convenience sampling sebesar 159 responden di Jakarta dan Tangerang. Teknik pengolahan data menggunakan structural equation modeling yang dibantu oleh program SmartPLS.3.2.7. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek dan ekspresi diri berpengaruh signifikan terhadap kecintaan merek, kecintaan merek dapat memediasi pengaruh citra merek dan ekspresi diri terhadap word of mouth.
Pengaruh Pengetahuan Keuangan, Lokus Pengendalian Dan Pendapatan Terhadap Perilaku Keuangan Robin Alexander; Ary Satria Pamungkas
Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan Vol 1, No 1 (2019): Januari 2019
Publisher : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tarumanagara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24912/jmk.v1i1.2798

Abstract

The purpose of this research is to analyze the influence of Financial Knowledge, Locus of Control, and Income on Financial Behavior. The population of this research are lecturers teaching at the University located in West Jakarta who are active in teaching as well as who are continuing their further education. Sample was selected using convenience sampling method amounted to 169 respondents. Data processing techniques using structural equation modeling what helped by SmartPLS.3.2.7 program. The result of this study reveals that Financial Knowledge and Locus of Control do affect significantly on Financial Behavior, while Income does not affect significantly on Financial Behavior.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Financial Knowledge, Locus of Control, dan Income terhadap Financial Behavior. Populasi penelitian ini adalah dosen yang mengajar di Universitas yang berlokasi di Jakarta Barat baik yang aktif mengajar maupun yang sedang melanjutkan studi pendidikan lanjutan. Sampel dipilih menggunakan metode convenience sampling sebanyak 169 responden. Teknik pengolahan data menggunakan structural equation modeling yang dibantu oleh program SmartPLS.3.2.7. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Financial Knowledge dan Locus of Control berpengaruh secara signifikan terhadap Financial Behavior, sedangkan Income tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Financial Behavior.

Page 1 of 2 | Total Record : 12